Adik Kandung Xenia nan Rupawan

Makassar – Adik Kandung Xenia nan rupawan, begitulah beberapa kata netter untuk mobil ini. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terus melakukan riset dan pengembangan untuk memulai kehadiran generasi baru sebagai pendamping Xenia. IIMS akan dijadikan tolok ukur, bagaimana produk baru tersebut bisa mengambil hati masyarakat atau masih butuh penyesuaian.

Adik Kandung Xenia nan Rupawan

Artinya, bulan depan ketika hajatan otomotif terbesar di Indonesia itu berlangsung, ”adik kandung” Xenia yang sudah lama direncanakan bakal muncul kembali. Hal ini ditegaskan Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra, Senin (25/8/2014), di Jakarta. Dikatakan bahwa kali ini modelnya sudah mendekati versi produksi.

Mobil Konsep

”Mobilnya tetap masih konsep, tapi sudah benar-benar mendekati (versi produksi). Ini ketiga, jadi makin nyata. Kan kita sudah bikin survei dan ini yang paling dekat. Ingat, bukan perubahan (dari versi sebelumnya), tapi bikin baru. Akan banyak kejutan di IIMS, tunggu saja,” beber Amelia.

Sejak IIMS 2012, ADM sudah memamerkan konsep yang dinamai UFC. Lalu pada 2013 muncul UFC 2, dan sebentar lagi UFC generasi lain. Model ini memang disiapkan sebagai MPV kecil dengan kapasitas mesin di bawah 1.500cc yang akan diposisikan sebagai adik Xenia.

Kabar lain, ADM bahkan menyiapkannya sebagai mobil murah dan ramah lingkungan atau yang dikenal LCGC yang akan bersaing dengan Datsun Go+ Panca. Benarkah? ”Kita lihat nanti,” komentar Amelia singkat.

Gempuran merek lain di segmen LMPV yang diterima Xenia tak membuat Daihatsu Indonesia patah arang. Justru dengan begitu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) semakin mengobarkan semangat berkompetisi untuk merebut hati konsumen.

Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra di Jakarta, Senin (25/8/2014), menegaskan bahwa banyak keunggulan yang bisa dirasakan konsumen dan menjadi daya saing Xenia di segmen LMPV. Penjualan Juli 2014 di angka 4.700-an unit masih bisa menjadi patokan sukses.

Baca : Daihatsu Indonesia, Daihatsu Makassar

”Memang persaingan semakin ketat. Tapi ini justru menambah keuntungan, karena orang bisa melihat dan membandingkan sendiri produk-produk yang diinginkan. Tentu saja kami yakin, dengan keunggulannya, Xenia masih ada tempat di hati masyarakat Indonesia,” papar Amelia.

Alasan

Optimisme Amelia bukan sekadar isapan jempol. Dirinya mengatakan mobil ini diproduksi dan didesain sesuai permintaan orang Indonesia. Artinya, diklaim sangat cocok dengan kondisi berdasar hasil survei.

Misalnya, konfigurasi tempat duduk tujuh penumpang, dikatakan Amelia sangat lega, bukan sekadar 7-seater yang ”sempit-sempitan”. Lalu, akses keluar masuk mudah dengan cukup mengoperasikan satu tuas. Ketiga, ground clearance tinggi yang menjadi senjata lain ketika jalan rusak atau tergenang.

Masih ada lagi, diklaim irit dan handal, terbukti dengan penjualan yang begitu banyak selama 10 tahun kemunculannya bersama saudara kembar, Toyota Avanza. ”Pasti yang baru (merek lain) orang ingin mencoba. Tapi nanti akan dibandingkan. Kami siap dengan outlet di 2.019 titik tersebar di Indonesia dan siap melayani. Jadi, mari kita berkompetisi,” tukas Amelia. (kompas.com)