Terios spirit 2015 makassar

Makassar – Konsep Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru Daihatsu yang diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 18 September 2014, kemungkinan besar merupakan rupa generasi penerus Terios.

Dalam video yang diperkenalkan Astra Daihatsu Motor (ADM) saat konferensi pers pekan lalu, bisa terlihat konsep SUV bermesin 1.500cc ini diibaratkan mobil keluarga dengan kapasitas 7-penumpang yang punya karakter rekreasional.

Sekilas sama seperti fitur milik Terios yang ada sekarang, hanya saja tampilannya modern, lebih menyesuaikan permintaan pasar. Perbedaan mendasar lain, konsep SUV ini memiliki sistem penggerak roda depan.

“Secara desain memang untuk global, tapi kita lihat dulu bagaimana animo masyarakat saat dipamerkan. Secara konsep iya (penerus Terios) tapi belum tentu juga karena belum diputuskan,” ungkap Rudy Ardiman, Corporate Planning Division Head ADM, saat mengunjungi konservasi penyu binaan Daihatsu di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta, Senin (15/9/2014).

All-New
Sejak pertama kali dipasarkan di Indonesia pada 2007 lalu, low SUV Daihatsu Terios sudah tiga kali mendapatkan penyegaran. Terakhir wajah baru meluncur Agustus 2013. Sudah cukup banyak mendapatkan edisi facelift, seharusnya tidak masalah bila ADM melahirkan Terios dalam balutan konsep All-New.

Namun Rudy mengatakan, tidak ada patokan berjangka untuk satu produk harus mendapatkan facelift ataupun All-New. Volume penjualan Terios selama ini masih dirasa cukup membantu penjualan keseluruhan ADM.

“Pasar low SUV mewakili 4-5 persen total penjualan mobil di Indonesia. Januari-Agustus Terios telah terjual (wholesales) 13.400 unit, itu berarti sekitar 1.600 unit per bulan,” beber Rudy.

Kendati sudah cukup “puas” dengan performa Terios, disebutkan ADM harus pintar memprediksi permintaan pasar, konsep SUV ini membuktikan kesiapan ADM. Saat ditanya kapan jadwal All-New Terios akan lahir, lagi-lagi Rudy mengatakan masih belum ada keputusan, dikatakan bahwa market Terios sekarang masih layak dipertahankan.

Satu hal lagi yang diungkapkan, perkembangan saudara kembar Terios yakni Toyota Rush juga mendapatkan perlakuan serupa. “Kalau konsep SUV diposisikan sebagai penerus Terios, mereka (Toyota Rush) juga pasti mengikuti,” ujar Rudy. Ia lanjut menjelaskan, tidak semua yang terlihat pada mobil konsep akan sama diaplikasikan di unit produksi.

Sumber : Kompas