Tips Memilih Ban untuk Mobil MPV

Makassar – Memilih item untuk mobil kesayangan bagi banyak orang merupakan hal yang remeh. Seringkali tidak diperhatikan dan dianggap sesuatu yang minor, sehingga detail keberadaannya tidak terlalu diperhitungkan, salah satunya dalam memilih ban. Olehnya kami akan memaparkan beberapa tips memilih ban untuk mobil MPV

Sebenarnya memilih jenis ban merupakan satu aktifitas yang sewajarnya juga diterapkan bagi pemilihan ban untuk jenis mobil lain. Namun dengan mobil MPV yang ukurannya relatif besar, maka pemilihan jenis ban pun juga harus lebih teliti.

Tips Memilih Ban untuk Mobil MPV

Karena salah memilih ban bisa mengakibatkan akibat fatal baik bagi pengemudi maupun penumpangnya. Apalagi salah satu kegunaan utama mobil MPV adalah memuat banyak orang dan barang.

Bisa jadi saat ban yang salah dipergunakan, akan memberikan efek yang luar biasa. Seperti tidak stabil saat dikendarai, aus yang tidak merata. Bahkan yang bisa lebih parah memungkinkan sekali saat ban yang dipakai mengakibatkan kecelakaan. Apabila saat mobil yang digunakan memuat penuh barang dan penumpang.

Inilah beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan saat memilih ban yang akan digunakan untuk mobil MPV kita, sehingga mobil kita tetap nyaman dikendarai dan memiliki performa yang lebih baik.

Tips Memilih Ban untuk Mobil MPV

Tips Pertama

Tips memilih ban untuk mobil MPV dengan Ban yang memiliki pattern konvensional memiliki tingkat keumuman yang paling tinggi. Biasanya ban model ini merupakan ban yang dipilih hanya berdasarkan harga dan praktisnya ban ini digunakan. Maka jadi hal yang tidak asing apabila banyak mobil akan mengalami kecelakaan di saat menggunakan ban ini.

Ban yang memiliki pattern konvensional

Ban dengan pola ‘satu arah’ lebih terfokus pada satu tujuan. Dalam hal ini, ban yang dibuat memberikan manfaat yang lebih intens, apakah itu pada performa maupun hanya untuk kenyamanan saja. Sayangnya kelemahan ban mobil ini adalah saat mobil berada dalam kondisi ekstrim.

Misalkan penggunaan ban kering, akan mengalami kesusahan pada media basah, dan begitu pula sebaliknya. Atau saat penggunaan ban yang terfokus pada performa. Akan terasa lebih keras dan tidak terlalu nyaman saat digunakan untuk keperluan santai.

Ban dengan pola asimetris, yakni ban dengan pola yang terbagi dua, pola luar dan dalam. Ban dengan pola ini sebenarnya ditujukan untuk mencegah keausan yang tidak merata. Alur bagian dalam dipergunakan supaya lebih baik saat melaju di jalan basah. Karena saat di jalan basah, model ban ini akan lebih baik dalam mengalirkan air ke dalam.

Tips Kedua

Tebal atau tipisnya ban juga sangat berpengaruh pada performa mobil, salah satu pengaruhnya adalah seperti pada ban tipis, yang mempunyai kontur lebih empuk daripada yang tebal.

Salah satu aplikasinya adalah saat penggunaan ban MPV-1 dimana ban ini lebih memfokuskan tekanan yang melebar, sehingga memberikan kekokohan dan kenyamanan yang lebih baik karena ban yang digunakan tidak mudah melenting seperti pada ban dengan konstruksi lebih tebal.

Ban memiliki tekanan melebarDan akan sangat tidak dianjurkan pada penggunaan mobil MPV untuk menggunakan ban dengan konstruksi yang keras seperti pada penggunaan mobil yang lainnya. Karena sudah pasti akan memberikan efek yang signifikan pada mobil yang kita kendarai. Apabila kesulitan, ada baiknya kita mencari informasi lebih lanjut pada dealer yang bersangkutan tentang konstruksi ban tersebut.

Baca : Bengkel Daihatsu Makassar

Tips Ketiga

Bagi yang belum mengetahui apa yang dimaksud Load Index. Load Index seperti notifikasi yang akan memberi tahu kita mengenai berapa jumlah beban maksimal yang bisa dibawa oleh sebuah ban.

Jadi, merupakan langkah bijaksana apabila kita memilih sesuai dengan Load Index nya. Karena bila Load Index lebih tinggi, maupun lebih rendah, masing-masing memiliki resiko tersendiri.

Ban yang baik load index

Sebaiknya kita sebagai pengguna MPV untuk menyesuaikan beban yang kita bawa dengan Load Index sudah ada supaya tidak overload.

Seperti apabila mobil memuat barang melebihi Load Index yang sudah ditentukan, maka ban akan dipaksa untuk menjadi lentur. Pada penggunaan jangka panjang akan mampu menyebabkan benang ban putus, dan pada akhirnya ban jadi benjol. Tips Memilih Ban untuk Mobil MPV yang terakhir.

Tips Keempat

Lagi, yang harus diperhatikan saat memilih ban adalah dimensi, atau ukuran dari ban tersebut. Bisa jadi dimensi dari ban merupakan yang paling krusial dalam penggunaannnya pada mobil kita.

Di beberapa kasus, kita mungkin bisa memilih ban yang lebar untuk mobil kita. Dengan beberapa manfaat seperti bertambahnya jarak antara mobil dengan aspal dan beberapa aspek lainnya.

Ban yang memiliki dimensi baik

Tapi kita juga harus paham, bahwa perubahan ukuran ban, otomatis akan merubah kemampuan asli mobil kita secara signifikan. Terutama dalam hal pengereman dan kendali mobil kita.

Tidak jelek sebenarnya mengganti ban dengan perbedaan ukuran, namun akan lebih baik apabila perbedaan penggunaan ukuran pada ban. Sebelumnya telah diperhitungkan akan perubahan performa total pada mobil juga, secara langsung juga akan merubah keterangan yang ditampilkan di odometer.

Baca : Tips cegah maling mobil

Daihatsu Makassar

Pusat Penjualan Daihatsu Makassar dan Pusat Info terkini Daihatsu Makassar (085242442589) : All New Xenia, Ayla, Terios, Gran max, Sirion dan Luxio

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: